IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK REKOMENDASI PRODUK DI TOKO LM MART

Authors

  • Happy Dewi Ariyantini universitas An Nuur Author
  • Dhika Malita Puspita universitas An Nuur Author
  • Andri Triyono universitas An Nuur Author

Keywords:

Data Mining; Fp-Growth; Asosiasi;

Abstract

LM Mart merupakan salah satu usaha toko BumDesa yang berlokasi di Jl Raya Purwodadi
Semarang Km.13 kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Produk yang dijual meliputi 
berbagai bahan pangan pokok (sembilan bahan pokok) untuk kebutuhan masyarakat 
umum. Data disimpan dalam database toko LM Mart. Salah satunya adalah memperbanyak 
data transaksi. Dengan semakin meningkatnya volume data di LM Mart, fungsi analis yang 
menganalisis data secara manual harus digantikan dengan aplikasi berbasis komputer. 
Permasalahan yang ada pada Toko LM Mart adalah pedagang kurang mempunyai 
kemampuan dalam mengamati keinginan dan kebutuhan konsumen yang tentunya akan 
berdampak pada peningkatan penjualan produk. Selain itu data transaksi penjualan jika 
diolah dapat menghasilkan informasi bermanfaat yang dapat menjadi strategi penjualan 
untuk meningkatkan pemasaran. Algoritma FP-Growth akan digunakan untuk pendekatan 
asosiasi pada penelitian ini. Algoritma FP-Growth merupakan pengembangan dari 
algoritma apriori, memperbaiki kekurangan dari algoritma apriori. Untuk mendapatkan 
kumpulan item yang sering, algoritma apriori harus menghasilkan kandidat. Dari hasil 
penelitian perhitungan menggunakan RapidMiner dengan nilai Support sebesar 30% dan 
nilai Confidance sebesar 80% dengan data transaksi sebanyak 800 record menghasilkan 36 
rule. 

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK REKOMENDASI PRODUK DI TOKO LM MART. (2024). Julia: Jurnal Ilmu Komputer An Nuur, 4(1), 1-12. https://julia.ejournal.unan.ac.id/index.php/1/article/view/4