IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK REKOMENDASI PRODUK DI TOKO LM MART
Keywords:
Data Mining; Fp-Growth; Asosiasi;Abstract
LM Mart merupakan salah satu usaha toko BumDesa yang berlokasi di Jl Raya Purwodadi
Semarang Km.13 kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Produk yang dijual meliputi
berbagai bahan pangan pokok (sembilan bahan pokok) untuk kebutuhan masyarakat
umum. Data disimpan dalam database toko LM Mart. Salah satunya adalah memperbanyak
data transaksi. Dengan semakin meningkatnya volume data di LM Mart, fungsi analis yang
menganalisis data secara manual harus digantikan dengan aplikasi berbasis komputer.
Permasalahan yang ada pada Toko LM Mart adalah pedagang kurang mempunyai
kemampuan dalam mengamati keinginan dan kebutuhan konsumen yang tentunya akan
berdampak pada peningkatan penjualan produk. Selain itu data transaksi penjualan jika
diolah dapat menghasilkan informasi bermanfaat yang dapat menjadi strategi penjualan
untuk meningkatkan pemasaran. Algoritma FP-Growth akan digunakan untuk pendekatan
asosiasi pada penelitian ini. Algoritma FP-Growth merupakan pengembangan dari
algoritma apriori, memperbaiki kekurangan dari algoritma apriori. Untuk mendapatkan
kumpulan item yang sering, algoritma apriori harus menghasilkan kandidat. Dari hasil
penelitian perhitungan menggunakan RapidMiner dengan nilai Support sebesar 30% dan
nilai Confidance sebesar 80% dengan data transaksi sebanyak 800 record menghasilkan 36
rule.